Jadilah teman curhat yang baik

(Sumber foto : Google)


Manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari bantuan manusia lainnya. Untuk itu terus berbuat baiklah kepada manusia lainnya. Karena kita tidak hidup sendirian, kita masih membutuhkan orang lain entah walau hanya sekedar untuk menjadi teman curhat.

Memang jika kita punya masalah Allah-lah tempat kita kembali, mengadu segala keluhan dan masalah hidup. Namun namanya juga manusia, pasti terkadang juga masih membutuhkan manusia untuk menjadi tempat curhatnya, meski terkadang solusi dari yang kita hadapi belum juga menemui penyelesaian masalahnya, setidaknya berbicara dari hati ke hati bisa membuat hati sedikit lega dengan masalah yang dirasa.

Karena memendam sesuatu sendirian itu berat, namun jika menceritakan kepada orang lain takut membebani masalah orang lain juga. Karena kita tidak tau apakah dia yang terlihat baik-baik saja bisa jadi ternyata masalahnya lebih besar daripada masalah kita sendiri.

Jadilah teman curhat yang baik!

Jika ada seeoraang teman yang datang kepada kalian, mencurahkan segala isi hatinya itu artinya orang tersebut telah memberikan kepercayaan yang besar kepada kita, alangkah lebih baiknya kita tidak mengecewakannya, maka jadilah teman curhat yang baik. Jika belum mampu memberikan nasihat dan solusi dari masalahnya, maka dengarkanlah segala perkataan curhatan hatinya, jangan sekalipun kamu berpaling mengabaikannya dia butuh seseorang yang dapat menyemangatinya agar bangkit dari keterpurukaan bukan orang yang semakin menyalahkannya tanpa tau sebab sebenarnya.

Banyak dari kita yang enggan cerita masalahnya kepada orang lain, bahkan kepada keluarga maupun teman dekatnya sendiri, karena mereka merasa malah makin akan disalahkan karena menjadi penyebab masalah itu ada. Padahal hanya nasihat baik yang ingin dia dapatkan sebagai solusi masalahnya, bukan masalah lagi yang akan membuat masalah sebelumnya bertambah banyak.

Diamlah, simak dan dengarkanlah dengan simpati segala keluh kesah orang-orang yang telah memberimu kepercayaan sebagai teman curhat mereka. Jika memang kalian belum mampu memberikan nasihat maupun solusi yang baik, jangan mengabaikan atau malah menyalahkannya mereka yang punya masalah butuh kita sebagai teman curhat karena mereka ingin berbagi, dan tidak ingin salah satu diantaranya menjadi beban apalagi terbebani.

Komentar

  1. saran mba, biar lebih rapi, paragrafnya dibuat rata kanan dan kiri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini