Bertemu bukan untuk berpisah


(sumber foto : pictame)




Sebuah pertemuan.
Allah menciptakan sebuah pertemuan antara manusia satu dengan manusia lainnya karena sebuah tujuan tertentu dari itu semua, tidak semua tujuan itu kita pahami maksudnya apalagi menerimanya dengan lapang.

Dari sebuah pertemuan kita akan mendapatkan banyak hal bahwa tidak setiap hal yang dipertemukan dengan kita harus menjadi milik kita, tetap tinggal dan tidak berlalu pergi begitu saja.
Ada saatnya kita dipertemukan dengan seseorang yang akan mengajari kita belajar sabar, ikhlas dan bisa lebih bersikap dewasa lagi bahwa tidak semua yang dipertemukan oleh takdir kita akan menjadi takdir yang memang harus kita miliki semua. Ada kalanya kita belajar melepaskan seseorang itu pergi jika tugasnya dari tuhan telah usai dijalankan untuk mengisi bab tertentu dalam hidup kita. Karena hidup akan terus berjalan tidak selamanya kita bisa memilih hidup untuk terus tinggal bersama orang-orang yang kita sayangi, dari situ kita akan belajar dewasa, hidup itu berproses dari yang baik menuju yang lebih baik lagi.

Setiap pertemuan itu pasti akan menemui waktunya perpisahan. Namun, berpisah bukan berarti mengakhiri segala kisah dan membuang jauh segala kenangan yang pernah diciptakan. Entah itu sebuah perpisahan yang biasa ataupun sebuah perpisahan yang abadi.

Dari perpisahan akan melahirkan banyak cerita dan pengalaman baru, bahwa rencana Allah tetaplah yang paling indah untuk setiap hambaNya, walau terkadang kita menganggap itu buruk karena tidak selamanya hati menerima dengan baik setiap perkara yang ada.

Jangan membenci sebuah pertemuan, jika kamu tau pada akhirnya akan dipisahkan kembali oleh jarak, waktu atau bahkan mungkin takdir. Jika kedatangannya kamu sambut dengan lapang dada penuh suka cita ketika melepaskannya pergipun lakukanlah dengan hal yang sama.
Jangan menyesali sesuatu yang pergi dari dirimu, Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik.
Itu pasti, karena Allah akan memberi apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

InshaAllah orang yang saling mencintai karena Allah kelak diakhirat mereka akan dikumpulkan kembali bersama, jangan takut dengan adanya sebuah perpisahan karena semua kehidupan tiada yang abadi.


وَرَجُلاَنِتَحَابَّافِىاللَّهِاجْتَمَعَاعَلَيْهِوَتَفَرَّقَاعَلَيْهِ

Dua orang yang saling mencintai karena Allah. Mereka berkumpul dan berpisah dengan sebab cinta karena Allah.” (HR. Bukhari no. 660 dan Muslim no. 1031)

Komentar

  1. Kita pernah bertemu dulu kuharap berjodoh ah ternyata hanya untuk sekedar memberikan pelajaran hidup.
    Semoga akan bertemu lagiiiiii

    BalasHapus
  2. Allah tidak akan mengambil sesuatu dari kita melainkan menggantinya dengan yang lebih baik,,,maka mengikhlaskan yang telah pergi adalah yang terbaik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini