Belajarlah dari masa lalu

(Sumber foto : Google)


Manusia itu memang tempatnya salah, namun meski begitu jangan pernah menyerah untuk tidak mencoba suatu hal yang baru karena takut gagal dan tidak akan berjalan baik. Justru sebaliknya jika kegagalan itu datang jangan pernah takut mencoba, belajarlah dari masalalu agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahan maupun kegagalan yang sama.

Masa lalu ada bukan untuk diperdebatkan, boleh dijadikan perbandingan namun hanya untuk menimbang agar hari ini dan dihari kemudian bisa lebih baik lagi dari hari sebelumnya. Karena pengalaman adalah guru terbaik, tanpa sebuah ilmu untuk menjalani kehidupan selanjutnya maka kehidupan kita hanya akan begitu-begitu saja.

Masa lalumu adalah bagian dari perjalanan hidupmu yang tidak bisa dilepaskan begitu saja, karena setiap perjalanan hidup memiliki setiap cerita yang berbeda entah senang ataupun sedih.  Simpanlah cerita masalalumu dengan baik, kelak kau pasti akan membutuhnya agar kelak dalam menjalani hidup kamu bisa berfikir lebih baik lagi.

Masa lalu tidak selamanya buruk, kenangan indahpun juga akan menjadi masa lalu jika melupakannya dan kemudian merubahnya menjadi kenangan. namun mengenai kesalahan dan kenangan buruk dimasa lalu dia ada bukan untuk dibenci, dicaci, dihujat maupun disakiti, jadikanlah itu semua sebagai pelajaran hidup.

Masa lalu memang tak bisa diperbaiki, karena dia telah berlalu, pun juga tak bisa disesali karena dia telah terjadi. Hal-hal yang menyakitkan dimasa lalu memang tak perlu untuk dingat-ingat kembali karena itu hanya akan menyakiti diri sendiri. Jika memang masa lalumu itu baik tak mengapa rasanya jika harus dikenang terus, namun jika masa lalu itu buruk lupakan saja biarkan dia menghilang seiring berjalannya waktu.

Yang harus kamu lakukan sekarang adalah belajarlah, berhati-hatilah dalam mengambil sebuah tindakan. Ikhlas adalah cara terbaik agar kita bisa menjalani hidup dengan tenang dan lebih baik lagi.
Untuk menata hidup dimasa depan agar lebih lagi, belajarlah dari masa lalu agar hidup bisa tertata lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini