Tugas Pemuatan kopling di radar Nganjuk

Menulis.
Sama seperti halnya membaca, menghitung, mengingat, maupun menghafal, menulis juga salah satu ketrampilan wajib yang harus dimiliki setiap manusia, yang juga tidak lepas dari tugas harian kita.

Menulis akan menjadi sebuah pekerjaan jika dilakukan oleh orang-orang ahli dalam bidang ini. Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar, melalui sebuah tulisan seorang itu akan dikenal sejarah, dia akan tetap abadi dalam tulisan-tulisannya, kualitas diri seorangpun juga dapat dinilai melalui tulisannya.

Komunitas Pejuang Literasi Kabupaten Nganjuk atau yang kita sebut dengan nama KOPLING adalah komunitas yang lahir dari gagasan tiga orang pecinta literasi yaitu Bunda Novarina, Bapak Agus Heri dan Kang Heru, dengan hobi serta visi-missi yang sama yaitu guna memajukan literasi dan minat baca masyarakat, terbentuklah sebuah komunitas literasi ini disebuah wilayah Kota Bayu.

Literasi itu berjenis : Literasi baca tulis, Literasi Numerik (Musik), Literasi sains (Teknologi), Literasi finansial, Literasi digital, Literasi budaya dan kewarganegaraan. Tetapi untuk saat ini kopling masih difokuskan untuk satu Literasi dulu yaitu Literasi Baca tulis (Menulis), Karena saat ini di kota angin tersebut banyak orang yang memiliki ahli dalam bidang menulis ini yang butuh wadah untuk mengembangkannya dan kopling menjadi tempat yang cocok untuk mengembangkan bakat tersebut di bumi Anjuk ladang ini.

Komunitas ini baru saja dibentuk pada bulan maret lalu, namun sejauh ini kopling juga telah melakukan kopdar perdananya pada tanggal 7 April 2019 diserambi Masjid Jami Nganjuk.
Namun bukan hanya itu saja, meski terbilang komunitas baru kopling telah menyediakan sebuah fasilitas khusus untuk menampung karya sahabat-sahabat literasi pada sebuah blog milik kopling yaitu di https://pejuangliterasinganjuk.blogspot.com/2019/03/kami-membutuhkan-naskah-anda.html

Saat ini mungkin kopling lebih aktif dalam dunia sosial media ketimbang temu kopdar secara langsung. Untuk itu kopling mempunyai agenda wajib untuk setiap anggotanya yang saat ini jumlahnya mencapai 50-an orang, yaitu memposting dimedia sosial tiap anggota minimal satu karya tulis entah berupa fiksi maupun non-fiksi untuk melatih meningkatkan kemampuan dalam dunia literasi baca tulis.

Kopling ini adalah wadah sebuah tempat untuk belajar mengenal literasi, jadi siapapun yang memiliki minat dalam dunia tulis boleh banget gabung disini, meski kalian belum paham banget dan mau gabung sangat dipersilakan karena disini kita akan belajar semua dari mula seperti pembenaran EYD dalam penulis, hingga kalimat peribahasa yang digunakan dalam tulisan. Jadi tempat ini terbuka untuk siapapun warga Nganjuk yang mau belajar, disini juga sudah ada Master-master yang ahli dalam dunia kepenulisan, selain itu bila ada kesempatan komunitas ini juga akan mengundang pembicara dan penulis terkenal yang ilmunya bisa kita peroleh dan pelajari.

Setiap tulisan yang ditulis, kemudian di post pada salah satu akun sosial media tiap anggotanya. Maka jika tugas sudah tuntas akan dilakukan bedah karya pada tiap karya peserta yang beruntung untuk dibedah karyanya. Dengan begitu kita akan sangat bisa mendalami ilmu menulis ini dengan sangat baik.

Dengan langkah sederhana namun luar biasa ini, para pendiri dan anggota komunitas kopling ini sangat berharap mendapat apresiasi terbaik dari lingkungan warga sekitar demi memajukan minta literasi di wilayah kabupaten Nganjuk ini.


Inara Yunita,
29/04/2019

Kuala lumpur

Komentar

  1. Bagus sekali untuk belajar merangkai kata menjadi untaian kalimat dan tersusun rapi dalam sebuah buku...Minat Banget saya ..Maju terus untuk Nganjuk..Ayo munculkan Minat Baca Tulis sejak Anak Usia Dini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini