RAJUTAN AKSARA YANG SEMPAT TERTUNDA

Hai, sahabat semua.
Jumpa lagi dengan tulisan saya ini hehee, setelah resmi menjadi anggota ODOP di tanggal 07 November 2019 kemarin, ini adalah tulisan pertama saya setelah dinyatakan lolos sebagai anggota Komunitas ODOP, setelah lulus saya sebagai anggota baru diberi kesempatan untuk memilih kelas yaitu Kelas Fiksi atau Kelas Non-Fiksi, akhirnya saya putuskan untuk mengambil Kelas Fiksi dan tulisan saya kali ini mengenai Ulasan Cerpen yang saya ambil dari Ngodop.com yaitu tulisan Mbak Vinny Martina salah satu anggota ODOP.


RUANG INGATAN
Judul: Ruang Ingatan

Unsur Instrinsik

Tema:
Cerita ini mengangkat tema tentang perselingkuhan seorang lelaki yang sudah beristri dengan seorang wanita yang juga telah bersuami. Menurutku cerpen ini sangat bagus, karena mengangkat tema dari peristiwa yang sedang viral akhir-akhir ini, yang tidak jauh dari kehadiran orang ketiga dalam sebuah rumah tangga yang menyebabkan terjadinya sebuah perselingkuhan dalam hal ini bisa berarti Pelakor (Perebut Laki Orang) atau Pebinor (Perebut Bini Orang).

Alur:
Dalam cerita ini menggunakan alur maju dengan flashback, menurut saya ini adalah pilihan alur yang bagus, mengajak pembaca untuk merasakan lebih dekat seperti apa masalah yang dialami sang tokoh  utama dimasa lalu dalam cerita ini sehingga dapat membuat para pembaca ikut merasakan dengan apa yang terjadi pada sang tokoh.

Latar:
-        -  Latar tempat kejadian adalah disebuah ruang tunggu ditunjukkan dengan kalimat (dengan gerakan lambat, aku menuju ruang tunggu yang berada di lantai dasar, ruang yang cukup luas untuk sebuah kantor layanan masyarakat.
-         - Ruang sidang pengadilan agama Jakarta selatan, dijelaskan di kalimat terakhir dalam cerita.

Tokoh dan Perwatakan:

Ada beberapa tokoh: Yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu disini, mengenai tokoh utama sang perempuan disini digambarkan dengan jelas perwatakannya yaitu: mengenai kesabaran dan keteguhan hatinya dalam menghadapi suatu masalah, pun dengan tokoh lelaki digambarkan secara jelas mengenai perwatakannya yang sangat egois dan juga kasar, sedang tokoh lain hanya diceritakan sedikit sebagai tokoh pendukung dalam cerita.

POV:
Di cerita pendek diatas menggunakan sudut pandang orang pertama serba tau, dimana sang tokoh bisa menjelskan beberapa adegan dalam cerita yang dialami olehnya maupun dengan tokoh lain dalam cerita. Dengan penggunaan sudut pandang ini menurut saya memudahkan pembaca untuk ikut larut dalam cerita tersebut. 

EBI:
Untuk Ejaan Bahasa Indonesia, menurut pandangan saya sudah cukup baik. Gaya bahasa yang dipakai penulis disini tidak terlalu berat sehingga mudah dipahami bagi para pembacanya.

Amanat:
-         -Amanat yang dapat kita petik dari cerita pendek diatas adalah jangan pernah menyakiti orang yang menyayangi kita, karena sesuatu hal itu akan terlihat sangat berharga jika sudah menjadi milik orang lain.
-         -Jaga apa yang kita miliki, hargai siapa saja orang yang menyayangi kita sebelum dia pergi
-         -Rumput tetangga memang terkadang lebih hijau dari rumput halaman sendiri
-         -Jangan pernah menganggu kehidupan rumah tangga orang lain, karena karma itu pasti ada.


Unsur Ekstrinsik :
Mbak Vinny, menurut pendapat saya mengambil tema yang sangat tepat seperti kejadian yang akhir-akhir ini sering terjadi, bahkan menjadi berita viral. Yaitu mengenai kehadiran orang ketiga dalam sebuah rumah tangga, yang menjadi tema utama cerita pendek ini ditulis.
Tema ini menceritakan tentang perasaan seorang istri yang dikhianati oleh suaminya sendiri, yang harus tetap berdiri tegar meski hatinya sedang rapuh, bagai sebuah rumah sang istri telah kehilangan pondasinya yang membuat rumah itu tak bisa lagi berdiri dengan kokoh, seseorang yang dulunya pernah menjadi tempat bersandar kini malah menghancurkan.
Seorang istri tetap harus tegar dan kuat menjalani kehidupanya, meski badai dalam rumah tangga tak jarang pula datang menerjang. Seorang wanita adalah manusia yang kuat, dia tidak boleh rapuh meski dihancurkan berkali-kali. Meski tanpa lelaki tunjukkan kalau wanita itu bisa mandiri, wanita diciptakan dari tulang rusuk lelaki ia memang mudah rapuh itu mengapa seharusnya wanita harus dijaga dan dilindungi, bukan malah disakiti atau dikhianati.


***

Demikian ulasan cerita pendek dari saya, buat sahabat semua yang ingin membaca karya dari Mbak Vinny Martina bisa berkunjung di laman ngodop.com dengan link cerita dibawah ini.

Terima kasih :)




#ODOPBatch7
#TugasPekanPertama
#KelasFiksi
#CerpenKaryaVinnyMartina

Komentar

  1. Masalah ini emang jadi bumbu cerita yang viral ya? Jadi inget layang-layang putus. Anyway, keren mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk. Sekarang layang-layang putus yg viral. Sedih banget baca ceritanya😢

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini