NARASI DARI PAPUA,
KONTRIBUSI FREEPORT INDONESIA UNTUK MASYARAKAT PAPUA DAN INDONESIA


sumber foto : www.facta-news.com


            PT. Freeport Indonesia adalah salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia, melakukan penambangan, memproses, dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak.

            PT. Freeport Indonesia, tumbuh dan berkembang bersama menjadi pemasok logam utama di Indonesia, selama kurang lebih setengah abad dengan penambangan terbuka maupun bawah tanah. Dari tiga kandungan mineral berharga tembaga adalah sumber kehidupan bagi para pekerja dan juga masyarakatnya. Dengan mengedepankan keselamatan tenaga kerja sebagai prioritas, prinsip ini ada dalam setiap kebijakan, strategi dan prosedur K3 yang ketat dan bersertifikasi internasional.

            Sejak 1967 menjadi bagian Indonesia, PT. Freeport Indonesia merupakan operasi skala besar, dan juga investasi jangka panjang pada banyak komponen. Terletak di Dataran Tinggi, Kota Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Tembaga yang dipersembahkan oleh mereka kepada peradaban ini merubah banyak hal yang lebih baik. Adapun beberapa Kontribusi Freeport untuk masyarakat yaitu tembaga telah menjadi elemen penting bagi komunikasi saat ini, ambil saja contohnya HandPhone yang kita gunakan sehari-hari menggunakan tembaga yang dapat menguatkan sinyal, sehingga memberikan kemudahan bagi manusia untuk saling berkomunikasi, berbagi kabar dan hal positif lainnya.

Tembaga sangat berguna bagi manusia, termasuk menjadi pengantar peradaban dunia. Tanpa kita sadari, material tembaga menjadi bagian dari kehidupan kita beberapa diantaranya adalah Pesawat jet, AC (Air Conditioner), Lemari Es, Saklar listrik, Kabel listrik, Transmisi sinyal radio dan TV, Mobil, Komputer dan Lainnya.


sumber foto : google.com

Melalui investasinya PT. Freeport Indonesia telah memberikan kesempatan putra-putri terbaik Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk menjadi bagian penting PT. Freeport Indonesia. Pengembangan karyawan menjadi fokus penting dan prioritas utama, sehingga PT. Freeport Indonesia ini memfasilitasi putra-putri terbaik Papua untuk melanjutkan pendidikan di Institut Pertambangan Nemangkawi (Program Beasiswa) dan (Program Magister) ITB sebagai bukti komitmen.

Selain itu, PT. Freeport Indonesia juga memberikan sumbangsihnya bagi negeri khususnya masyarakat papua dengan mengolah sumber air di area kerja Freeport Indonesia yang telah memiliki lebih dari 50 sumber air. Seluruhnya diolah agar bersih, aman, dan layak dikonsumsi. Berkat pengelolaan tersebut, karyawan dan keluarga mereka yang tinggal diarea kerja, mampu memperoleh asupan air yang cukup. Freeport Indonesia juga memperkenalkan “Saya Punya Air (#SaPuAir). Sebuah gerakan internal yang mengajak karyawan untuk mengapresiasi sumber air yang kita miliki dan mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai.

Sumbangsih yang lain yaitu demi mempermudah akses dan mobilitas warga dari wilayah dataran tinggi Kabupaten Mimika, Freeport Indonesia juga membangun dua lapangan terbang perintis di kampong Tsinga dan Aroanop. Salah satunya adalah lapangan terbang perintis Ainggogoin di kampong Aroanop, dibangun dengan panjang landasan pacu 461 meter dan lebar 18 meter serta berada diketinggian 2.200 kaki diatas permukaan laut.

sumber foto : merdeka.com


Adapun sumbangsih mereka melalui Lembaga Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), Freeport Indonesia telah membangun lima sekolah asrama untuk putra-putri papua. Sekolah ini brtujuan untuk memberikan fasilitas akomodasi dan program pengayaan bagi anak usia sekolah dari wilayah yang terpencil, serta mempersiapkan pusat persemaian calon intelektual dan pemimpin  masyarakat di masa yang akan datang.

sumber foto : lintaspapua.com



Dan dibidang kesehatan Freeport Indonesia melakukan pengembangan kesehatan masyarakat dengan menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat dengan mendirikan 2 rumah sakit, 3 klinik umum, 2 klinik spesialis dengan pelayanan gratis.


sumber foto : PT. Freeport Indonesia


Pertambangan ramah lingkungan dan bertanggungjawab ini dipastikan dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi seperti yang dijelaskan diatas, ada juga program pemberdayaan perempuan melalui Koperasi Aiotomona, memberdayakan perempuan perempuan papua dan memberikan keterampilan bagi ibu rumah tangga sehingga dapat berperan dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui berbagai pelatihan seperti mengelola keuangan keluarga, menjahit, membuat makanan dari bahan local sampai kerajinan tangan lainnya.

Selain yang disebutkan diatas sumbangsih PT. Freeport Indonesia terhadap Indonesia yaitu kontribusi langsung terhadap penerimaan Negara berupa pajak, royalty, dan dividen. Juga keuntungan tidak langsung berupa gaji atau upah karyawan, pembelian dalam negeri, pembangunan daerah papua seperti (pembangunan infrastruktur, jalan, bandara, pelabuhan maupun dibidang pendidikan dan juga kesehatan) dan investasi dalam negeri.

Ingin tau lebih banyak lagi tentang apa saja sih kontribusi Freeport Indonesia untuk negeri, tentang bagaimana sih proses pertambangan Freeport Indonesia yang berada di tanah papua, kalian bisa mengunjungi link ini https://ptfi.co.id/ untuk informasi lebih lenkapnya. Terima kasih.



#FreeportIndonesia
#TambangTembaga
#NarasiDariPapua
#MiningForLife

Komentar

Postingan populer dari blog ini