KOPLING Tugas minggu ke IV bulan Mei

"Kelinci dan Kucing"

--------

Adalah makhluk imut setelah aku dan kamu.
Siapa sih, manusia yang enggak gemes banget melihat dunia binatang peliharaan itu, mata yang lucu, tingkah yang konyol bahkan sifat yang terkadang manja pada manusia.

Ya, aku pernah memiliki pengalaman menyenangkan sewaktu kecil dengan dua makhluk binatang itu. Kelinci dan kucing merupakan hewan peliharaan yang amat disayangi oleh manusia.
Aku kecil, pernah punya mimpi untuk memelihara seekor kelinci, bahkan aku harus menabung lebih dulu agar bisa membelinya, aku juga sudah membuat kandang kecil yang nyaman bekas kandang ayam milik ibu, namun ternyata niatku itu tidak disambut baik oleh Bapak. Beliau bukan melarangku, hanya saja jika aku tau apa itu tanggung jawab terhadap hewan peliharaan maka aku dibolehkan untuk memelihara nya, setelah kupikir-pikir ternyata aku belum sangat mampu untuk menjadi tuan si kelinci ini hehehe akhirnya aku tidak jadi memelihara kelinci.

Pernah suatu hari Bapak datang membawa kelinci, kalian tau betapa bahagia nya aku. Fikiranku saat itu kelinci itu adalah hadiah dari bapak untukku, tapi ternyata dugaanku salah Bapak membawa kelinci itu bukan untuk dipelihara melainkan dimasak, kalian tau nggak betapa sakitnya hatiku saat itu hihihiiiii... Ternyata fikiranku salah kelinci yang Bapak bawa ternyata kelinci yang sudah mati dipotong-potong tubuhnya yang dibelinya dari peternak kelinci, bukan salahku mendengar nama kelinci namun salah fikiranku menerka maksud dari kelinci apa yang dibawa Bapak pulang.

Kalian tau ndak? Daging kelinci itu sangat enak. Ya, aku akui. Pertama kali aku makan sate kelinci adalah ketika usia 7 tahun keluarga kami sedang berwisata ketelaga sarangan disana sangat banyak penjual daging hingga sate kelinci dengan khas dan cita rasa berbeda.
Dalam hal masak memasak Ibu memang ahlinya, seletah masakan siap disajikan Ibu menawariku makan daging kelinci tadi, aku sebetulnya tidak tega untuk memakannya karena kecewa dengan kelinci yang sudah tanpa nyawa yang dibawa Bapak pulang. Namun, perut lapar membuatku tak bisa mengelak kalau aku ingin mencicipinya, sambil ngomong sendiri layaknya orang gila aku mengambil nasi diiringi suara tangis karena menangisi kelinci tersebut 😭😭
Ada hasrat iba namun ada rasa lapar yang tak bisa dibohongi juga.

Samping rumah ku dulu masih sangat luas pekarangannya, berbagai tanaman sayur dan buah ada disana. Suatu sore aku bermain disana untuk memetik sayur tiba-tiba aku dikagetkan dengan makhluk halus imut berwarna putih yang bergerak-gerak dirembukan daun. Aku takut awalnya karena kufikir itu nanti ular, setelah mendekat aku terkejut tau disana ada seekor kelinci yang sedari tadi tengah bersembunyi disana. Aku mengagetkannya membuat kelinci itu berlari, dan aku pun ikut berlari mengejarnya untuk ditangkap, meski berulang kali jatuh hingga mengakibatkan memar dikaki tapi aku puas kelinci itu akhirnya dapat kutangkap, kubawa pulang kerumah, rencana nya sih mau aku punggut aku tidak tau siapa pemiliknya dan sepertinya itu bukan urusanku toh kelinci ini aku tidak mencurinya tapi menemukannya.

Ibu terkejut melihatku membawa seekor kelinci, ketika beliau bertanya darimana asal aku dapat kelinci ini ibu langsung berkata kalo itu kelinci Mbak Sri yang hilang, aku sempat melarang ibu untuk mengembalikan kelinci itu karena akulah yang telah susah payah menangkapnya masak mau dikembalikan.
Aku kecil menangis, karena teman baruku dikembalikan kepada yang punya.

---

Selain kelinci aku juga suka kucing, banyak kucing tetangga yang datang kerumah, untung ada satu kucing berwarna abu-hitan yang sangat nurut jika dikasih tempe atau tahu dia mau makan tidak harus ikan. Ya, walau aku tau kadang Ibu dan Bapak risih dengan keberadaan mereka, bahkan kelakuan ajaib mereka kadang membuat kami semua jengkel yaitu mencuri ikan goreng kami bahkan sampai tulangnya pun dihabiskan. Pernah suatu siang ada cerita aku pulang sekolah menonton tv belum makan siang, ibu dan nenek serta tetangga duduk santai didepan halaman rumah, salah satu tetangga melihat seekor kuncing membawa seekor ikan besar dari dalam rumah kami lalu memberi tau Ibu tentang kucing itu, dengan santai Ibu menjawab "paling kucingnya dikasih makan sama nita, kan dia biasa kalo ada kucing dikasih makan", begitu katanya, tapi tetangga ku masih curiga segitu sayangnya aku sama kucing sampai ikan seekor kubagi makan kucing 😂😂 ternyata setelah ditelurusi Ibu menjerit ketika masuk dapur mendapati wajan terbalik dengan ikan pindang hilang berekor-ekor, dari kejadian itu Ibu baru sadar ternyata ikannya dicuri satu wajan oleh si kucing dugaan Ibu salah jika aku yang ngasih kucing makan 😂😂 Alhasil siang itu kami semua makan tempe goreng saja yang baru dimasak Ibu karena ikannya habis dimakan kucing.

Pernah juga aku dihampiri seekor kucing ketika makan, katanya kalo kita makan tiba-tiba ada kucing yang datang itu artinya makanan yang kita makan ada sebagian rezeki si kucing.
Kucing ini masih sangat kecil mungkin dia baru lahir dan ditinggal emaknya, dia selalu ngikut aku jalan kemanapun bahkan sampai dijalan raya mau berangkat sekolah.
Menjelang malam aku mulai iba melihat nya, aku pergi ke depan rumah, mengambil kardus rongsokan dan juga kain bekas, ya diantara tanaman itu aku membuat rumah kecil untuk si kucing, aku melihat kucing itu masih saja mengeong dipojok rumah ku lalu kugendong dia untuk dimasukkan kedalam kardus, tempat yang nyaman untukmu istirahat kucing kataku sendiri, tak lupa juga aku mengambil sepotong ikan asin milik Ibu untuk jatah makan malam untuk si kucing

Pulang sekolah sebelum makan aku ingin menengok keadaan sikucing siapa tau dia masih disana, ternyata kucing itu sudah ilang. Salahku mengapa pagi tadi tak melihat dulu apa dia masih disana, sekarang kucingku hilang, Ya walau aku tau aku sedang merawatnya diam-diam, tapi aku sangat sayang pada kucing kecil itu bahkan aku memberi nama kucing itu dengan nama "Katty" Hehehe 😁😁 Walau aku enggak tau kucing itu laki apa perempuan tapi dari suara "meongggg"nya aku bisa menebak pasti dia perempuan.

Ya, inilah sedikit kisahku masa kecil tentang dua ekor hewan yang lucu dan imut, Kelinci dan Kucing 😍
Sampai saat ini akupun masih menyukai dua hewan itu, karena bentuk mereka yang menggemaskan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini